Jangan Pernah Disesali


MOTIVASI | Menyesal, banyak diantara kita yang melontarkan kata itu dikala apa yang telah dilakukan tidak sesuai dengan rencana. Seringkali, kata itu yang juga menjerumuskan kita dalam sebuah keterpurukan dikala masalah melanda akibat apa yang telah dilakukannya.

Hey sobat, hidup itu tak semudah membalikkan telapak tangan, yang dengan sekejap kita mampu merubah hitam menjadi putih. Hidup penuh dengan tantangan dan pilihan. Apa yang kita harapkan bisa saja tidak terwujud sesuai dengan apa yang kita inginkan. Bahkan kita juga dihadapkan dengan 2 pilihan yang teramat sulit. Sehingga, kata "Menyesal" itu akhirnya kita lontarkan.

Jika kita menilik sejarah, banyak para tokoh besar dan Ilmuwan yang kesuksesannya tidak dilakukan dengan hal yang mudah, tetapi mereka mengalami tantangan dan goncangan yang begitu keras. Kita lihat saja Thomas Alfa Edison, seorang penemu lampu yang harus melakukan uji coba sampai 1000 kali baru penemuannya itu menuaikan hasil. Bahkan Thomas Alfa Edison juga dianggap sebagai murid yang Stupid oleh gurunya hingga akhirnya tak melanjutkan sekolah. Tetapi Thomas tak pernah putus asa.

Bisa kita lihat juga tokoh besar bangsa Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Ya, Ir. Soekarno adalah tokoh proklamator bangsa Indonesia yang sampai kini namanya tetap harum diseluruh Penjuru Indonesia. Tetapi beliau juga tak dengan mudah melalui hal tersebut sehingga namanya bisa menjadi besar seperti yang kita ketahui sekarang ini. Ir. Soekarno harus menghadapi tantangan goncangan dari para penjajah bangsa. Selain itu, Ir. Soekarno pun juga pernah diculik oleh para tokoh pemuda bangsa Indonesia. Mungkin jika kita hanya membaca sejarah itu, hal tersebut terasa biasa saja, tetapi bagaimana jika kita mengalaminya secara nyata?. Tentu itu sangat berat.

Selanjutnya, ada 1 lagi tokoh yang menginspirasi saya untuk terus berjuang dan berkarya. Ya, beliau adalah KH. Ahmad Dahlan, seorang ulama dan tokoh pendiri organisasi Muhammadiyah. Kita tahukan, bagaimana besarnya organisasi Muhammadiyah sekarang!, Organisasi itu telah melahirkan ribuan sekolah dan Universitas dan ratusan Rumah Sakit dan panti asuhan yang didirikan untuk mengurangi kesenjangan sosial dan kebodohan di negeri ini. Lalu, pernahkan kita berfikir bagaimana seorang tokoh itu berfikir dan bergerak untuk mewujudkan hal tersebut? KH. Ahmad Dahlan atau Muhammad Darwis harus melalui terpaan tantangan yaitu melawan arus hingga pernah dianggap sebagai Kyai Kafir pada masa itu. Bahkan, Mushola yang didirikan oleh ayahnya dan sebagai tempat sarana ibadah itu dirobohkan oleh masyarakat yang tidak sejalan dengannya yang juga masyarakat muslim. Hingga akhirnya, beliau pun sempat berputus asa, namun itu tak menjadikan perjuangannya harus putus sampai disitu saja. KH. Ahmad Dahlan kembali bangkit dan akhirnya setelah mengalami proses panjang, apa yang di impikan itu terwujud dan kini organisasi yang beliau dirikan menjadi organisasi besar yang berperan penting dalam membangun bangsa Indonesia.

Masihkah kita berputus asa dan menyesal dengan apa yang kita lakukan? Semua tergantung pada niat yang telah kita tanamkan dalam hati. Allah SWT tidak akan pernah memberikan cobaan kepada hamba-Nya melebihi batas kemampuannya. 

Ok sobat, jangan pernah kita sesali apa yang telah kita perbuat. Mari kita terus bangkit dan tetap semangat.

06 Agustus 2020
Kopi Giras 21, Jl. Untung Suropati Bojonegoro.

1 Comments