Beraktifitas Sebagai Seorang Jurnalis Media Itu Menyenangkan


CERITAKU | Sebagai seseorang yang berprofesi di dunia jurnalistik, menulis adalah salah satu bentuk kebebasan berpendapat. Sejak tahun 1937, Pers telah lahir di Indonesia sebagai salah satu wadah media pemberitaan atau wadah untuk mengemukakan kebebasan berpendapat. Pada tahun tersebut lahirlah sebuah media berpendapat yang pertama yaitu ANTARA. Media ANTARA adalah media kebebasan mengemukakan pendapat dalam bentuk media massa cetak.

Sejarah media ANTARA yang pertama kali lahir adalah sebagai salah bentuk perlawanan Indonesia dalam dalam memperjuangkan kemerdekaan. Salah satu bentuk perjuangan yang dilakukan media Pers ANTARA pada saat itu adalah sebagai wadah penyebaran informasi agar diketahui oleh kalayak umum. Yang tentunya, informasi tersebut mampu menjadi konsumsi publik dan informasi bagi publik akan sebuah kondisi, keadaan dan juga realita yang sedang terjadi. 

Bagaimana kaitannya Pers dengan sebuah organisasi? Tentunya, agar sebuah organisasi itu mampu diketahui oleh khalayak umum, pastinya informasi terkait dengan keberadaan organisasi tersebut harus diketahui oleh masyarakat. Itulah salah satu fungsi keberadaan pers dalam ruang lingkup organisasi. 

Tak hanya sampai disitu, kebebasan berpendapat yang tertuang dalam UU No. 40 Tahun 1999 telah memberikan peluang yang sangat besar kepada masyarakat untuk menyampaikan sebuah gagasan atau pendapatnya melalui sebuah media massa, baik cetak maupun online. Tentunya dengan keberadaan Pers, organisasi menjadi dimudahkan untuk menyampaikan informasi terkait dengan keberadaan dan aktifitas dari organisasi tersebut.

Jika kita tengok era sekarang ini, temtunya kemajuan zaman lebih mempermudah masyarakat untuk menyampaikan pendapat lewat sebuah media. Tak terhitung berapa banyak media yang telah lahir di era sekarang ini. Baik media yang berbadan hukum maupun media yang tidak berbadan hukum. Disitulah kita mampu melakukam sebuah perjuangan seperti sejarah yang telah dilahirkan oleh media ANTARA pada tahun 1937 itu untuk melakukan proses pengebangan dari organisasi itu sendiri.

Selamat Hari Pers Nasional
9 Februari 2020

0 Comments