Ada Pertemuan, Ada Perpisahan


CERITAKU | Dalam setiap perjalanan seseorang, pasti kita akan melakukan pertemuan dengan orang yang tak disangka orang itu memiliki peran dalam hidupnya. Begitupun kita, pasti dalam perjalanan hidup kita ini, banyak orang yang hinggap dalam perjalanan kita dan orang tersebut memiliki peran masing - masing dalam hidup kita. Kita tak pernah menyangka akan bertemu, dan kita juga tak akan pernah menyangka, dengan siapa saja kita nanti akan bertemu dengan seseorang. Bahkan kita juga tak pernah menyangka bertemu dengan sosok orang yang berlatar belakang apa. Kaya, miskin, berpangkat tinggi, anak jalanan, bahkan orang yang cacat fisikpun kita tak pernah menyangka. Tetapi tuhan mempunyai skenario yang indah, kita tak pernah diberitahu dan kita selalu berpandangan bahwa kita hanya akan bertemu dengan seseorang yang memiliki latar belakang sama dengan kita.

Namun, dalam pertemuan itu kita pasti juga akan mengalami perpisahan. Entah dalam waktu yang singkat atau dalam waktu yang lama. Karena setiap perjalanan sesorang memiliki jalan yang berbeda. Berpisah untuk selamanya, atau berpisah untuk melanjutkan perjalanan hidup masing - masing. Layaknya seorang penumpang bis, sama - sama tidak tau akan dipertemukan dengan siapa saja, dan sama - sama tidak tau akan berpisah dimana. Namun demikian, dalam setiap pertemuan itu memiliki makna dan cerita tersendiri, kadang kita kecewa, kadang pula kita menangis ketika berpisah.

Lalu, setelah kita memiliki pengalaman bersama karena sebuah pertemuan indah itu, dalam hati terselip kalimat "Selamat berjuang dijalanmu kawan, semoga kita bertemu kembali". Begitu pula ketika kita menemui pengalaman pahit dalam sebuah pertemuan itu, terbesit juga dalam benak "Andaikan aku tidak bertemu denganmu, pasti hidupku akan lebih baik". Semua itu adalah pikiran dalam hati yang sempat terurai dalam sebuah pertemuan.

Semua pertemuan memiliki arti dan semua perpisahan memiliki makna. Disitulah kita sedang belajar dalam sekolah kehidupan.

Salam untuk sahabatku.

0 Comments